A letter from a Papuan woman to an Indonesian soldier who was once based in her village on the PNG-Indonesian border. Theirs was a controversial relationship but she begs him to return to meet their three-year-old daughter: "I will continue to wait for you, Samsul. I don't care what people say."


Love Letter to the Soldier

DURATION: 06:51
PLACE: Bupul, Merauke
DIRECTOR: Wenda Tokomonowir

A letter from a Papuan woman to an Indonesian soldier who was once based in her village on the PNG-Indonesian border. Theirs was a controversial relationship but she begs him to return to meet their three-year-old daughter: “I will continue to wait for you, Samsul. I don’t care what people say.

Download Study Guide for Love Letter to The Soldier (pdf)

Surat Cinta Kepada Sang Prada

DURASI: 06:51
TEMPAT: Bupul, Merauke
DIREKTUR: Wenda Tokomonowir

Tahun 2008 menjadi momen penting bagi Maria Goretti (Eti). Ia bertemu tambatan hatinya, Samsul, seorang prajurit TNI yang bertugas di daerah tempat tinggalnya, di perbatasan RI dan Papua New Guinea. Malang tak bisa ditolak, ketika Eti tengah berbadan dua, Samsul harus kembali ke kampung halamannya. Tiga tahun berlalu, hingga sang putri kecil tumbuh besar, Samsul tak ada kabar. Selama tiga tahun pula Eti harus hidup dengan cerca dan pandangan orang sekitar yang memandang sebelah mata padanya dan buah hatinya.  Sepucuk surat ia layangkan pada pujaan hatinya, untuk kedua kalinya. Ia berharap, kali ini Samsul membaca suratnya. “Eti akan terus tunggu Kakak Samsul. Terserah orang mau bicara apa”.

Download Pandauan Belajar Surat Kepada Sang Prada (pdf)

8 thoughts on “Love Letter to the Soldier

  1. Tak kuasa menahan Air mata untuk tidak bercucuran….. Semoga Pesan ini dapat tersampaikan, Bila sdr Syamsul tak bergeming, adalah hal yg di Luar Batas Kemanusiaan… karena Yani Kecil Bernasab Kepada Anda sdr Syamsul YTH… di dunia kau bisa Sembunyi… Tapi Tak ada tempatmu berlindung di hadapan Tuhan kelak!!! Bila kau Mendengar, tak ada kata terlamat selama masih ada tarikan nafas, mulut masih bisa berucap…kabarkanlah walau sepatah kata…berilah kepastian…tunjukan kalau anda memang ksatria…seperti ketika dulu kau menginginkanya…mengetuk hatinya setiap hari…sehingga gadis polos nan lugu itu tunduk dan pasrah padamu… Kisah ini akan terus membayangimu…. karena “Yani kecil” tak akan berhenti menari-nari dalam benakmu mengikuti kemanapun kau pergi… Jujurlah pada nuranimu… agar tenang Hidupmu…

    Buat Eti Anakku sayang…yang tegar dan sabar… tetap Semangat karena “Yani Kecil” adalah Anugrah Tuhan untukmu… Tuhan Pasti punya Rencana yang Terbaik untukmu… Sandarkan semua Harap dan Doa PadaNya… Karena kau dipilih Tuhan untuk menjadi Malaikat penolong buat “Yani Kecil”…Salut Untukmu…Karena Tidak Semua Wanita Punya Kekuatan, Ketegaran dan Kesabaran Sepertimu… Eti Kau Wanita Luar Biasa….Semoga Berkat Tuhan Selalu Bersamamu

    Hormat, Peluk dan Doa dari Jakarta,
    Dian S Bonay

    1. bagi aku tak salah untuk meniru idea dan bnmaigaaa pengarah luar membuat filem asalkan tak melampuai batas. filem aksi adalah filem yang banyak kita tunggu. bukan filem action yang mengunakan camera sepenuhnya tetapi action yang real. jangan samakan setiap filem dengan nilai peribadi setiap kaum.kalau macam tu sampai biler pun tak berkembang. tapi filem2 yang terlampau seperti yang terlebih 18 sx nya adalah filem2 yang patut kita band.. setakat artis jer hot tapi citer macam sampah tak kemana juga..

  2. Sa tra bisa menghentikan air mata, Mama Yani ko adalah inspirasi buat wanita di dunia, bahwa ketulusan dan ketegaran seorang ibu adalah mantra, doa, energi yang bisa merubah dunia. Laki-laki pengecut Samsul, munculkan batang hidungmu apakah kam seorang banci di balik baju TNI,…

    Doa saya untuk Maria… Saya yakin bersama kekuatan Mama Yani, Maria, Yani bisa tumbuh menjadi seorang yang sukses. Tuhan Memberkati!!

    1. Alhamdulillah, terima kasih Amirul baru dpt buka ni huhu..tidak sankga juga menang ni, tpi video tdk dpt buka pula, line masih bertabiat niutk lgkh seterusnya saya akan buat nanti ya, memandangkan line beberapa hari ini sgt mengecewakan terima kasih sekali lg, kalau ada apa2 pertanyaan saya contact di twitter atau email ok

  3. is he a soldier?? Is he a human?? OMG he went back without his responsibility. If he has true love,he’ll go back and be a good warrior for his daughter n wife.

Comments are closed.